Tertarik Usaha Rumahan Modal 50 Ribu? Ini Dia Daftar Idenya!

usaha rumahan modal 50 ribu

Penasaran ingin memperoleh penghasilan dari usaha rumahan modal 50 ribu? Gampang! Kamu bisa pertimbangkan ide-ide usaha berikut!

Jujur saja, siapa yang tidak ingin membuka usaha dengan modal minim? Sebagian orang pastinya ingin mengeluarkan sedikit modal, tetapi bisa menghasilkan banyak cuan.

Punya keinginan seperti itu memang sah-sah saja, sekalipun berniat membuka usaha dengan modal Rp50 ribu. Namun, pertanyaannya: apakah ada peluang usaha dengan modal yang sangat kecil?

Ada, kok! Kamu bisa intip ide-ide usaha rumahan modal 50 ribu berikut!

1. Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan tidak memerlukan modal yang besar, bahkan modalnya bisa kurang dari Rp50 ribu. Jika sudah punya laptop atau komputer, kamu bisa jadi hanya menggunakan modal untuk membeli kuota internet atau membayar biaya listrik.

Usaha jasa ini cocok bagi kamu yang mampu mengetik dengan cepat dan punya ketelitian tinggi. Target pasarnya? Tentu saja para pelajar yang punya segunung tugas.

Promosikan bisnis jasamu dengan dua cara, yakni via jejaring sosial ataupun dari mulut ke mulut. Jika baru memulai usaha jasa pengetikan, kamu dapat memanfaatkan efektivitas pemasaran dari mulut ke mulut.

Selanjutnya, dukung pemasaran bisnis dengan promosi via jejaring sosial atau media perpesanan Pilih platform yang banyak dihuni target audiens. Misalnya, Facebook, Twitter, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Line.

Patok harga yang tidak terlalu mahal maupun tak terlalu murah. Umumnya, harga jasa dibuat berdasarkan jumlah kata yang diketik atau bahasa yang digunakan.

2. Penulis Lepas

usaha rumahan modal 50 ribu

Usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini cocok bagi kamu yang suka membaca dan menulis. Bisnis di bidang jasa ini hanya memerlukan laptop atau komputer untuk mengetik, gawai untuk berkomunikasi dengan klien, dan keahlian menulis.

Jika sudah memiliki semua hal tersebut, modal Rp50 ribu pun sudah cukup untuk memulai karier sebagai penulis lepas. Tak ketinggalan, kamu juga harus menyediakan waktu agar pekerjaan menulis bisa berjalan dengan lancar.

Ada beberapa peluang untuk memulai usaha ini. Pertama, kamu bisa bergabung dengan bisnis atau situs web yang merekrut penulis lepas untuk memenuhi kebutuhan konten mereka.

Kedua, kamu dapat memasarkan bisnismu lewat platform-platform freelance. Misalnya, Fastwork, Fiverr, Sribulancer, Freelancer Indonesia, Upwork, Writer Access, Projects, serta LinkedIn.

3. Barang Preloved

Cobalah bongkar lemari pakaianmu dan carilah pakaian-pakaian yang jarang dikenakan, tetapi masih berkualitas baik. Apakah jumlahnya banyak? Jangan khawatir! Kamu dapat menjual pakaian-pakaian tersebut sebagai barang preloved.

Barang preloved termasuk peluang usaha rumahan modal 50 ribu karena tak memerlukan pengeluaran untuk membeli stok dagangan. Modal Rp50 ribu cukup dimanfaatkan untuk membeli detergen dan pewangi pakaian.

Hal ini karena barang preloved harus wangi dan bersih sebelum dikirimkan ke pembeli. Jika pelanggan puas dengan kualitas barang preloved, kemungkinan besar mereka tak akan ragu untuk membeli lagi.

4. Jasa Edit Foto dan Video

Aplikasi edit foto dan video memang sudah bertebaran di toko-toko aplikasi. Namun, tidak semua orang punya keahlian untuk mengedit foto dan video secara teliti dan rapi.

Nah, kalau punya keahlian ini, jadikan saja sebagai ladang cuan! Tanpa banyak modal, kamu bisa menangani berbagai pesanan dari pelanggan. Misalnya, edit foto dan video pernikahan, sekolah, kampus, pemasaran bisnis, atau konten blog.

5. Aksesori Handmade

Untuk memulai usaha ini, kamu memerlukan keahlian dan kreativitas dalam membuat kerajinan tangan. Jika sudah punya kemampuan tersebut, gunakan modal Rp50 ribu untuk membeli bahan-bahan aksesori handmade.

Beberapa jenis aksesori handmade yang populer di pasaran dan bisa jadi peluang cuan, mulai dari gelang, bros, kalung, cincin, gantungan kunci, gelang kaki, tali jam tangan, anting, hingga ikat rambut.

Read more: 6 Ide Usaha Kerajinan yang Bakal Menjanjikan Terus!

6. Jasa Pangkas Rambut

Usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini biasanya menargetkan para laki-laki. Hal ini karena memangkas rambut laki-laki tak seribet memotong rambut perempuan. Modal Rp50 ribu bisa digunakan untuk membeli peralatan cukur dan produk perawatan rambut yang murah meriah.

7. Jasa Setrika

Punya setrika di rumah, kan? Jadikan setrikamu sebagai alat untuk memperoleh penghasilan! Jasa setrika tidak memerlukan modal besar dan bisa menargetkan orang-orang yang tak punya waktu untuk menyetrika pakaian sendiri.

8. Jasa Instal Aplikasi

Meski tampak sepele, ternyata masih banyak orang yang tidak mengerti cara menginstal aplikasi, lo! Fakta ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha rumahan modal 50 ribu, yakni jasa instal aplikasi.

Siapa saja target pasarnya? Jasamu bisa jadi dibutuhkan oleh orang-orang tua yang tidak mengerti teknologi maupun orang-orang yang tidak familier dengan komputer atau laptop.

Harga yang dipatok bervariasi, tergantung waktu dan kerumitan proses instalasi. Sebagai contoh, untuk instal ulang Windows, biasanya harga jasanya sekitar Rp50–75 ribu.

9. Dropshipper

Dropshipper sering disebut-sebut bersamaan dengan reseller. Namun, apa yang membedakan keduanya? Reseller adalah peluang bisnis yang biasanya memerlukan banyak modal untuk menyetok produk.

Sebaliknya, dropshipper bisa berjualan produk tanpa kulakan terlebih dahulu. Usaha dropship juga dapat dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan stok barang.

Kamu hanya perlu mencari pemasok yang membuka peluang dropship. Lalu, carilah calon pembeli yang tertarik dengan produk-produk dari pemasok.

Agar lebih mudah menarik pelanggan, pajang foto-foto produk di toko daringmu dan pasang harga yang tidak terlalu jauh dengan harga dropship.

Saat ada pelanggan yang memesan, kamu bisa langsung menghubungi pihak pemasok untuk mengirimkan barang ke pembeli. Setelah barang sampai dan uang diterima, setorkan uang sesuai harga dropship ke pemasok dan ambil sisanya sebagai profit.

10. Tutor

Punya pengetahuan dan keahlian di suatu atau beberapa bidang? Jadikan hal ini sebagai peluang usaha rumahan modal 50 ribu.

Jasa tutor bisa dibuka secara online maupun offline, tergantung permintaan pasar. Jika banyak calon murid yang bersedia datang ke rumah, jangan ragu-ragu untuk menjadi tutor offline. Modal Rp50 ribu bisa digunakan untuk membeli papan tulis, spidol, dan penghapus papan.

Sebaliknya, bila banyak calon murid yang lebih suka mengikuti kursus daring, Rp50 ribuan pun cukup untuk membeli kuota. Manfaatkan laptop atau komputermu untuk membuka atau mengunduh platform kursus atau konferensi video. 

Wah, ternyata, ada banyak ide usaha rumahan modal 50 ribu, ya? Peluang-peluang di atas bisa ditekuni terlebih dahulu sampai kamu punya modal yang cukup untuk mengembangkan usaha.

Mau tahu trik-trik jitu untuk mendorong perkembangan usaha? Yuk, gabung ke Juragan DOKU! Juragan DOKU adalah sahabat pemilik UMKM yang dipersembahkan oleh DOKU untuk membantu kelancaran aktivitas berjualan.

Dengan menjadi Juragan DOKU, kamu bisa mengakses berbagai pelatihan bisnis yang disampaikan oleh mentor-mentor andal secara daring dan gratis!

Tak lupa, Juragan DOKU menyediakan fitur e-Katalog yang bisa digunakan untuk membuka toko daring sendiri. Kamu pun bisa memanfaatkan fitur Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp dan QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dengan bisnismu. Penasaran ingin bergabung ke Juragan DOKU? Yuk, unduh aplikasi Juragan DOKU atau klik di sini untuk langsung mendaftar!