15 Ide Jualan Makanan Simpel dan Murah, Cuan Tetap Melimpah

ide jualan makanan simple

15 ide jualan makanan yang simpel dan murah namun bisa mendatangkan untung besar.

Berjualan makanan merupakan salah satu usaha yang tidak pernah sepi peminat. Keuntungan yang didapatkan pun cukup besar terutama bila makanan yang dijual diminati. Kamu yang ingin memulai usaha namun memiliki modal minim, berikut 15 ide jualan makanan simple dan murah yang bisa Kamu terapkan. 

1. Corn Dog 

ide jualan makanan simple

Corn dog merupakan jenis jajanan yang menjadikan sosis sebagai bahan utama. Untuk membuatnya, sosis dicelupkan dalam adonan tepung jagung dan kemudian dilapisi dengan tepung panir.  Setelah itu, olahan ini digoreng dengan metode deep fry. Untuk memulai usaha ini, Kamu wajib memiliki gerobak, penggorengan, kompor gas dan bahan-bahan pembuatan corn dog

2. Leker

ide jualan makanan simple

Ide jualan makanan simpel berikutnya adalah kue leker. Jajanan ini merupakan kue tradisional asal Solo yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Untuk memikat pembeli, Kamu bisa menawarkan leker dengan berbagai tambahan toping modern seperti coklat, keju bahkan es krim. Selain gerobak, Kamu harus menyediakan dana untuk membeli teflon khusus leker, kemasan, dan bahan-bahan untuk adonan. 

3. Martabak Mini

Martabak mini merupakan ide makanan yang dapat dijual dengan harga murah sehingga bisa menyasar anak-anak sebagai pelanggan. Adonan martabak mini serupa dengan martabak reguler namun dicetak dalam ukuran yang lebih kecil. Untuk memulai usaha ini, Anda wajib menyiapkan modal untuk gerobak, gas, pemasaran, serta bahan-bahan untuk membuat adonan dan toping. 

4. Es krim rumahan

ide jualan makanan simple

Es krim adalah jajanan yang bisa memikat semua kalangan dan banyak diminati terutama saat memasuki musim panas. Untuk memulai usaha ini, Kamu wajib memiliki freezer. Sebelum memutuskan varian yang dijual, lakukan riset dan lihat mana rasa es krim yang paling diminati. 

5. Risol Mayo

ide jualan makanan simple

Berbeda dengan risoles (risol) biaya, risol mayo merupakan jenis gorengan yang isiannya berupa campuran mayones dan berbagai jenis protein seperti tuna atau smoked beef. Rasanya yang gurih membuatnya menjadi salah satu sajian cemilan favorit keluarga. Untuk memulai usaha penjualan risol mayo, diperlukan gerobak, kompor gas, penggorengan dan bahan-bahan untuk membuat risol. Harga jual risol mulai dari Rp 3.000, tergantung dengan isiannya. 

Read more: 5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan: Menggali Peluang Usaha Menguntungkan Hanya dari Rumah

6. Croffle

ide jualan makanan simple

Croffle merupakan makanan hasil perpaduan antara croissant dan waffle. Kuliner ini mulai populer sejak akhir tahun 2020 dan menjadi salah satu cemilan populer yang digemari. Untuk membuat satu porsi croffle original, modal yang dibutuhkan cukup terjangkau yakni di bawah Rp 5.000. Harga jual bisa bertambah sesuai dengan jenis toping yang diberikan. Selain sewa tempat, alat yang wajib Kamu miliki untuk memulai usaha ini adalah croffle maker. 

7. Makaroni Telur

Makaroni telur atau maklor adalah salah satu jajanan yang populer di kalangan anak sekolah. Meski porsinya kecil, cemilan gurih ini mampu mengganjal perut yang lapar.  Bahan pembuatannya cukup mudah yakni makaroni, telur, serta bumbu tabur. Harga jualnya bisa disesuaikan dengan ukuran porsi dan toping tabur yang diberikan. 

8. Cilok

ide jualan makanan simple

Cilok merupakan ide jualan makanan berikutnya yang hanya membutuhkan modal minim. Jajanan khas Sunda ini terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung terigu dan daging sapi lalu dibentuk bulat seperti bakso. Untuk menjalankan bisnis ini, Kamu perlu alat berupa gerobak, tabung gas, kompor dan peralatan dapur lainnya. Harga jualnya yang terjangkau akan memikat hati anak-anak. 

9. Pisang Nugget

Pisang nugget merupakan olahan pisang goreng modern yang masih banyak digemari masyarakat. Selain mudah dibuat, Kamu bisa menjual pisang nugget dengan berbagai varian rasa. Persiapan alat dan bahan usaha ini cukup murah sehingga memudahkan bagi para pemula. Untuk mendapatkan pelanggan, tawarkan varian rasa pisang nugget yang unik. 

10. Salad buah

ide jualan makanan simple

Ide jualan makanan simple selanjutnya yang bisa Kamu jajakan adalah salad buah. Bahan baku yang diperlukan hanyalah buah-buahan, saus salad serta kemasan. Harga jual salad sangat tergantung pada jumlah porsi yang disajikan. Karena itu, penentuan harga jual harus disesuaikan dengan pasar yang akan ditargetkan. 

11. Jasuke

ide jualan makanan simple

Tak ada yang lebih menyenangkan di sore hari selain menikmati pemandangan kota sembari makan camilan jagung yang dicampur dengan susu kental manis dan keju atau jasuke. Jasuke dapat dijual mana saja, mulai dari gerai kecil di kawasan perumahan hingga di pusat kota. 

Bahan yang perlu dipersiapkan hanyalah jagung rebus, susu kental manis dan keju. Karena akan berjualan di gerai, Kamu juga perlu panci kukus jasuke. Jangan lupa siapkan kemasan yang aman dan mudah dipegang.  

12. Tahu Crispy

Cemilan selanjutnya yang bisa dijadikan ide jualan dengan keuntungan menggiurkan adalah tahu crispy. Bahan yang diperlukan adalah tahu, rempah-rempah, tepung terigu serta minyak goreng. Harga jual tahu crispy sangat terjangkau sehingga bisa menarik konsumen dari segala usia. Jangan lupa siapkan sambal atau cabai rawit untuk pelanggan yang gemar makan pedas. 

13. Donat Kentang

Donat merupakan salah satu makanan legendaris yang menjadi favorit banyak keluarga di Indonesia. Berbeda dengan donat tradisional, donat kentang memiliki tekstur yang lebih lembut dan disajikan dengan toping yang menarik. 

Untuk memulai usaha donat kentang, Kamu perlu memiliki etalase, kompor gas, penggorengan besar, dan bahan-bahan untuk membuat donat. Jika memiliki dana lebih, Kamu bisa berinvestasi untuk mesin penggoreng donat agar tampilan produk yang dihasilkan lebih rapi dan sempurna. 

14. Kentang Goreng

ide jualan makanan simple

Penjualan kentang goreng merupakan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan melimpah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan hanyalah kentang goreng, bumbu, tepung, serta minyak goreng. Kamu bisa menambahkan sambal atau mayones sebagai bumbu pelengkap. 

Rata-rata satu bungkus kentang goreng dijual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp.15.000. Untuk mendapatkan banyak pelanggan, disarankan untuk menjual kentang goreng di dekat sekolah atau kampus karena cemilan ini adalah favorit anak-anak dan kaum muda.  

15. Telur Gulung

ide jualan makanan simple

Siapa sangka ide jajanan sederhana seperti telur gulung bisa mendatangkan omset hingga jutaan rupiah? Telur gulung sendiri merupakan jajanan jadul yang membutuhkan dana serta alat-alat yang mudah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah telur, minyak goreng, wajan, tusuk, kompor, saus dan bumbu tabur. Proses pembuatannya pun terbilang mudah sehingga Kamu tak perlu punya keahlian memasak secara khusus. 

Demikianlah 15 ide jualan makanan simpel yang bisa Kamu jalankan. Jangan lupa selalu menjaga kualitas rasa dan kebersihan tempat berjualan demi mendapatkan pelanggan setia. 

Setelah memiliki bisnis makanan sendiri, saatnya menjangkau calon pelanggan lebih luas dengan bergabung bersama Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Bersama Juragan DOKU, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog untuk membuat toko online secara mandiri, serta QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan online bisnis gratis dan dibimbing para mentor bisnis yang handal! Ingin bergabung, yuk ambil smartphone-mu dan download Aplikasi Juragan DOKU atau daftar melalui website di sini.  Terima pembayaran lancar, usaha makin gencar. Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!