Apa Itu Brand Awareness dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

apa itu brand awareness

Apa itu brand awareness pada istilah marketing? Ketahui jawabannya di sini!

Apakah kamu sudah tahu apa itu brand awareness? Istilah brand awareness kerap kali digunakan pada dunia bisnis, khususnya di marketing. Baik pemilik bisnis yang bergerak di bidang jasa maupun produk, kamu mengetahui tentang brand awareness dan menerapkannya.

Pada brand awareness, terdapat kata ‘aware’ yang memiliki arti ‘sadar’ atau ‘mengetahui’ dan kata ‘brand’ yang berarti merek. Bila artikan secara harfiah, brand awareness adalah kesadaran akan merek. 

Misalnya, ketika kamu melihat seseorang menggunakan komputer dengan logo tertentu, kamu sudah mengetahui merek apa yang digunakan karena barang tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Nah, menurutmu, apakah brand awareness itu penting bagi pemilik bisnis? 

Yuk, kita ketahui dahulu apa itu brand awareness atau kesadaran merek, apa manfaatnya bagi pemilik bisnis, dan bagaimana cara meningkatkannya. Simak penjelasannya dari awal hingga selesai, ya!

Read More: 8 Tips Memulai Usaha Sendiri Dari Nol

Apa Itu Brand Awareness 

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai brand awareness, ada baiknya kita mulai dahulu dengan pengertian brand awareness. Apa itu brand awareness? Brand awarenes adalah sebuah istilah yang umumnya digunakan oleh marketing dan branding untuk membuat sebuah merek lebih dikenal oleh konsumen.

Brand awareness merupakan kesadaran atau pengetahuan konsumen akan sebuah merek atau brand dari perusahaan tertentu. Sementara itu, apa itu brand awareness menurut para ahli adalah:

  1. Menurut Kotler dan Keller (2009), brand awareness adalah kemampuan untuk mengidentifikasi merek dalam kategori, dengan cukup rinci untuk melakukan pembelian. Kesadaran merek melalui paparan berulang hingga konsumen merasa mengenal merek tersebut.
  2. Menurut Aaker (2009), brand awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli dalam mengenali maupun mengingat kembali suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.

Brand awareness ini dapat dialami oleh konsumen saat ia melihat merek tertentu, melihat iklan merek tersebut, atau membeli produk merek tertentu. Ini juga berlaku ketika merek tersebut jadi preferensi konsumen dalam memilih sebuah produk.

Menguatkan brand awareness merupakan sebuah tahap pertama dalam menentukan strategi marketing. Pasalnya, brand awareness dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih barang dan melakukan pembelian.

Peran brand awareness ini juga memiliki nilai tambah bagi produk maupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah merek, terutama di mata konsumen. Maka, perlu adanya perencanaan strategi marketing dan periklanan yang baik agar level brand awareness dapat meningkat.

Umumnya, perusahaan dari merek terkenal rela menghabiskan banyak dana hanya untuk membuat merek mereka dikenal oleh calon target pasar. Itulah sebabnya, memiliki pengetahuan mengenai apa itu brand awareness sangat penting bagi kamu yang ingin membuka bisnis.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa konsumen yang memiliki brand awareness terhadap merek tertentu tidak selalu berarti bahwa ia akan memilih produk tersebut. Meskipun demikian, brand awareness penting untuk ditingkatkan, terutama untuk bisnis yang baru berkembang.

Fungsi Brand Awareness 

Berdasarkan teori yang dijelaskan oleh para ahli, brand awareness memiliki peran yang sangat penting bagi bisnismu. Kamu dapat mengetahui bagaimana konsumen mengenali dan mengetahui merek atau produk yang kamu jual.

Hal ini dapat kamu ketahui dari bagaimana konsumen merespons saat melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bila mereka tidak mengacuhkan, berarti brand awareness bisnismu masih rendah. Sementara itu, bila konsumen kamu merespons dengan sangat baik, itu artinya kamu telah berhasil meningkatkan brand awareness bisnismu.

Biasanya, konsumen akan cenderung lebih menyukai merek yang mereka kenal daripada yang terdengar asing di telinga mereka. Selain itu, ada beberapa fungsi dari brand awareness lainnya yang perlu kamu ketahui:

Meningkatkan kesadaran konsumen akan sebuah merek

Fungsi brand awareness yang pertama yaitu untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan sebuah merek produk maupun jasa. Menguatkan brand awareness dapat memengaruhi kemampuan konsumen dalam mengenali merek bisnis kamu, mulai dari nama, logo, slogan, hingga kelebihan dan kekurangan produkmu.

Apabila kamu berhasil meningkatkan brand awareness bisnismu, konsumen akan lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Meningkatkan brand awareness merupakan upaya yang sebaiknya dilakukan karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnismu. Saat konsumen mendapatkan pengalaman yang baik saat membeli produkmu, secara otomatis ia akan membeli lagi produk tersebut.

Saat kamu menjalankan strategi marketing yang unik dan profesional, kamu bisa meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produkmu sekaligus kepercayaan calon konsumen.

Meningkatkan Citra Merek

Bisnis yang memiliki citra yang baik dan positif tentunya dapat memengaruhi keputusan konsumen saat ingin membeli suatu produk. Citra yang baik inilah yang akan membedakan antara produkmu dan produk pesaing.

Konsumen juga akan lebih mudah mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Terlebih lagi, produk kamu memiliki kualitas baik dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Menarik Konsumen Baru

Jika strategi marketing direncanakan dengan baik dan matang, brand awareness akan menyebar dengan cepat. Merek kamu miliki akan menjadi topik hangat dan dapat mendatangkan banyak konsumen baru.

Meningkatkan Penjualan

Fungsi utama dari brand awareness adalah meningkatkan penjualan. Bila bisnismu memiliki branding bagus, maka penjualan otomatis akan meningkat. Meski harganya baik, pelanggan atap tetap membeli produkmu karena mereka tahu produk tersebut memiliki nilai lebih dibandingkan merek lainnya.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Untuk dapat menciptakan brand awareness yang baik pada bisnis produk maupun jasa yang kamu tawarkan, ada beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness untuk mengembangkan bisnismu.

  1. Menggunakan logo dan slogan yang unik

Kamu dapat menggunakan cara ini apabila bisnis yang kamu miliki merupakan bisnis yang baru dirintis. Gunakan logo dan slogan unik agar mudah diingat oleh calon konsumen kamu. Namun, pastikan tetap sesuai dengan produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

  1. Menggunakan media sosial

Biasanya, calon konsumen akan mencari tahu informasi akan sebuah merek melalui media sosial. Karena itu, gunakan media sosial untuk menawarkan produk maupun jasa kamu. Manfaatkan dan maksimalkan platform tersebut untuk membangun brand awareness bisnismu.

  1. Bekerja sama dengan influencer

Kamu juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Namun, pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk dapat menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produkmu.

Memberikan pengalaman positif dan berkesan kepada konsumen akan memberikan citra yang baik akan bisnismu. Salah satunya kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Nah, setelah mengetahui apa itu brand awareness, fungsi dari brand awareness, dan bagaimana cara meningkatkan brand awareness. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!